Asal Usul Logo Robot Hijau Android


Assalamualaikum sobat. Setelah kemarin seharian nggak ngepost apapun karna nggak punya materi :v :D Akhirnya hari ini saya kembali dengan postingan mengenai asal usul atau sejarah terdirinya sebuah vendor dan lain sebagainya. Pada postingan ini saya akan membahas mengenai si Robot Hijau Android.

Berbicara mengenai Android, di Era modern seperti saat ini banyak dari pengguna elektronik yang telah bermigrasi dari ponsel berbasis java ke ponsel berbasis Linux seperti Android maupun berbasi Mac OS yakni IOS. Disini saya hanya akan membahas mengenai Android saja. Mungkin dilain waktu saya juga akan membahas mengenai pesaing dari anroid ini.

Logo Android sendiri seperti melambangkan sebuah robot berwarna hijau, tak heran banyak yang menyebutnya dengan istilah si Robot Hijau. Bahkan beberapa diantara kebanyakan orang menganggap bahwa logo Robot Hijau tersebut seperti sebuah tabung Elpiji 3kg yang dikutuk menjadi kecoa. Hahahahah jika dibayangkan memang mirip seperti itu :D . Just fot fun sobat :D.



Berikut Asal Usul Logo Android Si Robot Hijau
        Logo Android ini lahir pada tahun 2007 dirancang untuk Google oleh desainer grafis Irina Blok. Dia mengungkapkan bahwa logo Android dirancang untuk menjadi simbol internasional. Pemilihan logo itu diperlukan sebuah hubungan dengan nama, kemudian tim memutuskan untuk menggali beberapa desain atau sketsa yang sangat sederhana. Tim akhirnya mendapat inspirasi dari simbol manusia yang terdapat di pintu toilet, dan memodifikasi bentuknya menjadi bentuk robot.

Ada yang mengatakan logo android tersebut terinspirasi oleh game "Gauntlet: The Third Encounter".
Nah kita kembali ke topik pembahasan.
Berikut beberapa rancangan Logo Android



Hingga akhirnya, dari beberapa logo yang ada terebut tim pun memilih untuk menggunakan sebuah logo berbentuk robot dengan badan yang kekar serta kepala yang mirip dengan mangkuk yang dibalik. Irina selaku desainer utama logo Android ini juga menyebutkan bahwa logo Android tersebut mengalami beberapa kali perombakan sebelum ditetapkan sebagai icon Android seperti sekarang. Sementara dari pemilihan warna, Irina memilih warna hijau yang didasarkan atas nilai warna standar print PMS 376C dengan warna hex #A4C639. Irina menjelaskan bahwa hijau adalah warna yang punya kontras hampir masuk dengan semua warna terutama warna-warna gelap. Pada awal nya logo si Android ini pernah diklaim menjiplak dari sebuah karakter game yang berjudul 'Gauntlet: The Third Encounter'. Akan tetapi Irina Blok menyangkal hal tersebut. Dan dia juga mengungkapkan bahwa logo tersebut dibuat tanpa adanya unsur pelagiat.

Irina

  Nah begitulah asal-usul dari logo Robot Hijau tersebut. Selanjutnya kita akan membahas makna filosofis dari logo Robot Hijau tersebut.



Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/iqbalramadhan/di-balik-si-robot-hijau_5520118ca333119544b65981

1.Bentuk robot 
          Arti makna dari itu adalah para user android dapat memodifikasi perangkat androidnya dengan menambah performa, mengganti UI, bahkan mengganti ROM agar bisa menjadi lebih tangguh lagi. Layaknya robot di modifikasi untuk berperang. 

2.Warna hijau 
          Tahu kah sobat-sobat bahwa warna hijau itu artinya adalah TUMBUH BERKEMBANG. Nah jadi, makna warna ini cocok untuk di gunakan android dengan PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHANYA yang sekarang sangat bagus dan populer di seluruh dunia. 

3.Dua buah antena di kepala 
         Arti dari bagian ini adalah bahwa android merupakan O.S pintar yang dapat mengelola semua data dengan baik dan mempunyai jangkauan luas dalam bidang jaringan.

4.Dua buah mata bulat 
          Untuk bagian ini juga mempunyai arti yaitu bahwa OS android dapat langsung melihat dunia dengan adanya fitur ONLINE yang bisa di lakukan terus menerus dan terintergrasi dengan baik untuk penjelelajahan dunia maya, meliat video serta mendownload hal baru.

. 5.Bentuk tangan yang terpisah dan lonjong 
          Ini juga mempunyai arti adalah bahwa android di ciptakan tidak hanya untuk kalangan tinggi melain kan juga untuk kalangan sedang dan bawah itu tergambarkan dari tangan yang tidak menyatu dan berbentuk lonjong pada depan dan belakang nya hal ini disebut dengan “ALL HUMAN” arti nya device semua umat.

Itulah makna filosofis dari logo si Robot Hijau Android ini. Dan seiring perkembangan jaman, android kini hadir dalam beberapa versi. Hingga saat ini versi 6.0 Marshmallow, meskipun versi terbaru ini belum resmi dirilis oleh Android. Nah berikut versi dari android dari nol hingga sekarang.



-Android 1.0 
-Android 1.1 
-Android 1.5 Cupcake 
-Android 1.6 Donut 
-Android 2.0 Eclair 
-Android 2.0.1 Eclair 
-Android 2.1 Eclair 
-Android 2.2–2.2.3 Froyo 
-Android 2.3–2.3.2 Gingerbread 
-Android 2.3.3–2.3.7 Gingerbread 
-Android 3.0 Honeycomb 
-Android 3.1 Honeycomb 
-Android 3.2 Honeycomb 
-Android 4.0–4.0.2 Ice Cream Sandwich 
-Android 4.0.3–4.0.4 Ice Cream Sandwich 
-Android 4.1 Jelly Bean 
-Android 4.2 Jelly Bean 
-Android 4.3 Jelly Bean 
-Android 4.4 KitKat
-Android 5.0 Lollipop
-Android 6.0 Marsmallow

Uniknya nama dari setiap versi Android diambil dari nama jenis makanan seperti Ice Cream Sandwitch, Jelly Bean, Cupcake, Lollipo dan lain sebagainya. Dan uniknya lagi nama dari setiap versinya berurutan dari abjad A sampai Z. Benar-benar unik sob. :D


 Itulah kisah dibalik logo Robot Hijau Android.
Semoga bermanfaat sobat. :D
Jangan lupa tinggalkan komentar anda :D





Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/iqbalramadhan/di-balik-si-robot-hijau_5520118ca333119544b65981



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Teknologi